Selasa, 11 Februari 2014

Pembatasan Dosis Parasetamol

U.S FDA Meminta Dokter Untuk Membatasi Penggunaan Parasetamol Dalam Kombinasi Obat


January, 2014. Regulator kesehatan AS merekomendasikan  profesional kesehatan untuk menghentikan resep kombinasi obat yang mengandung lebih dari 325 mg Acetaminophen (Parasetamol) per tablet , kapsul , atau unit dosis lainnya , menilik risiko kerusakan hati .




Membatasi jumlah dosis per unit akan mengurangi risiko overdosis yang tidak disengaja , yang dapat menyebabkan gagal hati , transplantasi hati dan kematian , kata Food and Drug Administration (FDA aka B-POM-nya US). Ini mengutip fakta bahwa tidak ada data yang tersedia menunjukkan bahwa memberikan lebih dari dosis yang dianjurkan memberikan manfaat yang melebihi risiko tambahan .  (FDA Link)

Overdosis yang tidak disengaja dari obat kombinasi yang mengandung acetaminophen , juga dikenal sebagai Paracetamol di sebagian besar negara di luar Amerika Serikat , menyumbang hampir setengah dari semua kasus gagal hati - acetaminophen terkait , kata badan itu .

Produk acetaminophen Kombinasi umumnya diresepkan kepada pasien untuk mengobati rasa sakit dari cedera akut , nyeri pasca operasi , atau nyeri yang di akibatkan prosedur gigi .

Pada bulan Januari 2011 , FDA meminta produsen obat kombinasi yang mengandung acetaminophen , dijual secara global di bawah nama dagang seperti Tylenol dan Panadol , untuk membatasi dosis acetaminophen tidak lebih dari 325 mg di setiap tablet atau kapsul pada 14 Januari 2014 . ( link)

Beberapa dari produk ini masih tetap tersedia , kata lembaga itu .

FDA juga menyarankan bahwa Apoteker yang menerima resep untuk produk kombinasi dengan lebih dari  dosis yang dianjurkan resep agar membahas menggunakan dosis yang lebih rendah .

Dalam waktu dekat , FDA berencana untuk menjalankan proses untuk menarik agremennt untuk obat kombinasi yang masih ada di pasaran , katanya dalam sebuah pernyataan .Acetaminophen , salah satu obat yang paling umum digunakan di Amerika Serikat , banyak digunakan di kedua resep dan produk untuk mengurangi rasa sakit dan demam . ( Pelaporan oleh Natalie Grover di Bangalore . Editing by Andre Grenon )


Sumber Reuters Link



Tag : Paracetamol Acetaminophen Gagal Hati Pembatasan FDA 2014  Paracetamol ditarik
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free To Comment
You are welcome...