Kamis, 13 Februari 2014

"SIDE EFFECT" Film Bertemakan Konspirasi di Bidang Farmasi

MENGUPAS FILM "SIDE EFFECT " Film ber-tema-kan Konspirasi Farmasi

Manado, 14 Februari 2014


    Apakabar para farmasis Indonesia? Wah bertepatan dengan hari kasih sayang "valentine", saya menyempatkan diri untuk menulis sebuah ulasan tentang salah satu film yang menurut saya menarik dari segi cerita, konten makna, kode etik, dan tentu kaitannya dengan farmasi a.k.a obat dan efek sampingnya.

      Saya ceritakan sedikit dulu tentang film dengan pemeran utama yang populer yaitu Jude Law (dr. Banks), Catherine Z. Jones (dr. Siebert), Chaning Tatum (Martyn Taylor), dan Rooney Mara (Emily Taylor).Dilihat dari pemerannya pasti sudah dipastikan film yang meraih rating 7.1 di IMDB ini memberikan suguhan yang menarik.Ok...lanjut..awal kisah film ini adalah seorang istri muda yang baru saja menyambut kepulangan suaminya yang dipenjara selama 4 Tahun lalu mengalami depresi dan membunuh suaminya karena side effect dari obat antidepresant yang dia minum. Plot cerita mengambil setingan 3 minggu sebelumnya dan memberikan penjelasan apa yang menyebabkan pembunuhan keji tersebut. Sungguh miris dr. Jonathan Banks adalah dokter/psikiatri, seorang dokter yang berniat baik dan sungguh-sungguh ingin menolong Emily tepat saat Emily menabrakkan mobilnya ke Dinding beton dan divonis memiliki gangguan jiwa/depresi berat. dr Banks memberikan dia kesempatan untuk tidak dirawat di Rumah Sakit mempertimbangkan kerja dan keluarga Emily. Terapi dan Konsultasi terus dokter ini berikan, mulai dari mencari riwayat kesehatan pada dokter Emily sebelumnya (dr Siebert), penggantian obat supaya Emily merasa nyaman (atas anjuran dr.Siebert), konsultasi bukan pada jam kerja. Wah tipikal dokter yang luar biasa menurut saya. Tapi tak disangka Emily malah membunuh suaminya sendiri karena side effect dari obat itu ternyata membuat seseorang menjadi sleepwalker dan melakukan suatu tindakan pembunuhan tanpa disadari. Emily pun dipenjara dan disidang. Malang bagi dokter Banks ia di judge masyarakat salah dalam memberikan terapi, penyidik dokter pun datang dan memeriksa dan menyangka ini adalah salah satu Malpraktik dikarenakan beratnya jam kerja dr.Banks.
     dr. Banks diselidiki dan di awasi, beberapa pasien mulai meninggalkan dokter ini terkait terbukanya kasus ini ke media (sungguh suatu dilema jika profesi kita tidak dipercaya lagi kan). Obat yang diresepkan pun tak luput dari opini tidak aman oeh masyarakat mengakibatkan turunnya harga saham obat yang gempar itu.
    dr. Banks menilai ini sangat buruk mengingat dia adalah dokter dan reputasinya tentu dipertaruhkan dalam kasus ini bahkan keluarganya pun meninggalkannya. Si dr. pun melakukan penyelidikan sendiri tentang Emily karena dia merasa ada sesuatu yang janggal. Mulai dari mendatangi area parkir dimana Emily menabrakkan mobilnya, tempat kerjanya, apa motivasi dari Emily, dan apa keuntungan mereka dalam mencuatnya kasus ini ke publik. Dan dia pun mendapatkan petunjuk.
    Ternyata dia menemukan keterkaitan kasus Emily dengan merosotnya harga saham dari produsen obat tersebut, dan keterkaitan Emily dengan dr.Siebert. ternyata dr. Siebert telah menanamkan saham untuk perusahaan produsen obat saingan sehingga dropnya saham oabt di kasus Emily otomatis menaikkan harga saham dr.Siebert dan mereka pun bisa penen uang (Ini mungkin salah satu kelemahan sekuritas saat ini, efek sampingnya masyarakat loh apalagi kalu ada kerusuhan hehe). dr banks menemukan bukti tapi itu sudah terlambat Emily terlanjur divonis tidak bersalah dan wajib menjalani terapi di salah satu Rumah sakit jiwa disana.
     Tak habis akal, dr banks pun merencanakan tehnik adu domba diantara keduanya dan mendapatkan pengakuan masing-masing baik dari Emily dan dr Siebert. dan mereka pun ditangkap atas tuduhun penipuan sekuritas. End.


Wah Gila yaa disana, menggunakan SIDE EFFECT sebagai alasan ingin membuat drop harga saham dan meraih keuntungan, beberapa film tentang sekuritas juga pernah mencuat seperti film si Jhon Travolta tuh (Lupa judulnya) terus Tragedi WTC. tapi baru kali ini temanya Obat dan Medical, sangat membuka cakrawala saya tentang pentingnya penelitian dan side effect obat sebelum dipasarkan.

Semoga bermanfaat gan
Tetap sehat yaa


TAG Film farmasi obat konspirasi farmasi side effect
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free To Comment
You are welcome...